Madu Klanceng Kelulut Trigona Teuweul Kele

Madu Klanceng Kelulut Trigona Teuweul Kele
Madu Klanceng Kelulut Trigona Teuweul Kele

Madu Klanceng, Madu Asam-Manis yang Punyai Banyak Manfaat, berbeda spesies lebah, karena itu berbeda juga tipe madu yang dibuatnya. Madu klanceng, misalkan, sebagai madu yang dibuat dari lebah bukan penyengat hingga hasilkan cita-rasa yang lain dibandingkan madu pada umumnya.

Madu klanceng adalah madu yang dibuat dari madu tidak bersengat spesies Trigona (Trigona sapiens dan Trigona clypearis) yang bertahan hidup dengan menggigit, bukan menyengat.

Sementara madu yang semakin banyak dikenali oleh warga sebagai madu dari lebah penyengat spesies Apis (Apis cerana, A. meliafera, A. dorsata, dan lain-lain).

Salah satunya ketidaksamaan fisik ke-2 spesies lebah ini bisa disaksikan dari wujud sarangnya. Sarang lebah madu spesies Apis berwujud heksagonal, dan sarang lebah klanceng seperti pot atau kendi bundar yang membentang secara horizontal.

Karena ke-2 madu ini dibuat dari tipe lebah yang lain, karakter madu yang dibuat berbeda. Berikut sejumlah ketidaksamaan madu klanceng dengan madu yang lain:

Tambah mahal harga madu Klanceng

Walau tidak setenar madu biasa, budidaya madu klanceng mempunyai segi ekonomis untuk peternaknya.

Dari harga, madu klanceng bernilai tambah mahal dari madu biasa karena lebah klanceng tidak hasilkan madu yang banyak, yaitu cuma 100-200 ml saja per 3 bulan.

Meski begitu, pecinta lebah klanceng banyak, lebahnya juga lebih gampang diperbudidayakan.

Lebah ini tidak memiliki sifat agresif dalam menjaga sarangnya hingga beresiko kecil memunculkan cidera pada manusia karena gigitan lebah.

Rasa lebih asam madu Klanceng

Madu sama dengan rasanya yang manis, tidak kecuali madu klanceng. Namun, Anda akan rasakan sedikit asam pada madu klanceng karena kandungan keasaman madu ini capai 3,05-4,55.

Struktur madu klanceng lebih encer dari madu biasa karena kandungan airnya semakin banyak, yaitu sekitar di antara 30-35 persen. Dari sisi fisik, madu klanceng mempunyai warna cokelat amber.

Selainnya madu, lebah klanceng hasilkan bee pollen dan propolis yang kerap dibuat jadi produk kesehatan karena mempunyai faedah untuk manusia.

Bee pollen ialah butiran tepungsari bunga jantan yang disebut makanan tambahan untuk lebah, dan propolis ialah lem lebah membuat perlindungan sarang dari serangan predator.

Madu klanceng dan madu biasa memang mempunyai beberapa ketidaksamaan, tetapi manfaat mereka untuk kesehatan manusia sama banyak. Berikut sejumlah faedah madu klanceng untuk kesehatan manusia:

Manfaat Madu Klanceng Kelulut Trigona Teuweul Kele

  • Anti-oksidan

Madu klanceng mempunyai senyawa anti-oksidan namanya protacatechuic acid (PCA), 4-hydroxyphenylacetic serumen, dan acid. PCA sebagai anti-oksidan kuat yang bisa dibuktikan bisa percepat pengobatan luka.

  • Antibakteri

Faedah madu klanceng ini tiba dari kandungan hidrogen peroksida, flavonoid, senyawa peptida antibakterial, dan fenolik.

Beberapa riset ungkap jika konsumsi madu klanceng bisa mengobati infeksi karena bakteri E. coli, B. subtilis, P. syringae, M. luteus, B. megaterium, dan B. brevis.

Hidrogen perokside menggairahkan produksi sitokin yang disebut tanggapan badan untuk mematikan bakteri jahat.

Hidrogen peroksida bisa menarik leukosit ke wilayah cedera dan bisa menstimuli limfosit B, limfosit T, dan neutrofil untuk menantang bakteri.

  • Antiperadangan

Madu klanceng memiliki kandungan senyawa fenolik yang bisa menantang proses infeksi dalam badan.

Peranan ini serupa dengan reaksi anti-oksidan yang bisa menahan berlangsungnya depresi oksidatif yang bisa menyebabkan timbulnya beragam permasalahan kesehatan dalam tubuh, seperti kanker dan tumor.

Selainnya bisa dimakan apa yang ada, madu klanceng dapat jadi kombinasi minuman kesehatan sebagai alternatif gula.

Beberapa produk kesehatan seperti salep (obat luar) juga jadikan madu klanceng sebagai salah satunya formasi pembikinnya.