Membedakan Madu Kelanceng Asli Murni atau Palsu

Madu klanceng sangat bagus karena banyak mengandung zat-zat yang sangat bermanfaat dan dibutuhkan buat tubuh kita.

Percayakan Kami Memilih Madu Kelanceng Asli Murni Nasab Lebah Baik dipanen oleh ahlinya.


Nektar biasanya dihasilkan oleh bunga dan ketiak daun lalu diambil oleh lebah untuk si konsumsi dan sebagian disimpan dalam pot-pot madu yang sudah dibuat di dalam sarangnya.
Beepolen diambil lebah dari putiksari bunga lalu di bawa pulang kesarang di taruh dalam pot-pot yang sudah dibuat oleh lebah.

Propolis kumpulan getah yang dibuat wadah atau pot-pot untuk wadah madu maupun beepolen.

Cara yang paling mudah untuk mengetahui madu asli atau palsu yaitu mengetahui nasab atau silsilah madu tersebut berasal dari mana dan siapa yang membawa atau menjual belikan.
Cara menganlisany Madu Asli dn Madu Palsu:

Misal A menawarkan penjualan madu kelanceng asli sudah ditaruh dalam wadah botol atau lainnya. Kita sebagai pembeli harus mampu menganalisa NASAB MADU yang beliau jual untuk memastikan bahwa madu itu benar asli atau palsu yaitu melalui beberapa contoh pertanyaan analisa sebagai berikut:

1. menanyakan ini madu asli kelanceng jenis apa? 
ya kelanceng.
1.2. kelacengnya kecil apa besar?
kecil.
ok kita ambil kesimpulan mungkin jenis kelanceng Levicep.
karena ukuran kelanceng kecil kita perkirakan 1 koloni bisa menghasilkan kurang lebih madu 100 Mili liter dalam waktu perkiraan enam bulan dengan syarat lingkungan sekitar lebah banyak melimpah vegetasi.

2. Hasil madu dari mana beli tengkulak, pelihara koloni Klanceng sendiri, bolang mencari dihutan atau pemukiman warga?
 jawaban poin dua dengan hasil jawaban poin 1 dan 1.2 ada kesamaan atau masuk akal tidak.
contoh seandainya jawaban memberikan gambaran madu dari nasab yang kurang jelas kita simpulkan sementara madu masih meragukan keaslian dan kemurniannya.

2.1. Nilai standard harga madu kelanceng di daerah kalain berapa?
Misal 1 kg madu kelanceng sudah peras seharga Rp. 239.00. kita bandingkan dengan harga penjual masuk akal atau tidak.
harga MADU kelanceng jenis Levicep segitu di daerah kami sudah standar dan terhitung murah karena kita ketahui lebah kelanceng untuk menghasilkan madu satu kilo gram kalau hanya satu koloni mungkin satu tahun lebih masih belum sampai hasil maksimal satu kilo gram, tentunya lain tempat lain lingkungan dan vegetasi yang tersedia dan disediakan oleh alam.

3. Buka madu lalu cium apakah khas aroma bunga, nektar dan propolis ada kuat atau memang aroma pemanis seperti gula dan lainnya.

Kemudian tutup wadah kembali dan minta ijin untuk mengocok wadah madu, kira-kira saja mungkin sudah tercampur aduk bagian atas dan bawah wadah.

Silahkan dibuka dan dicium kembali aroma madunya masih tetap atau sudah berubah total dari aroma yang pertama kali di cium.

Jika aroma pertama dan kedua sangat berbeda bisa jadi sepenggalaman  temen-temen menemui penjual hanya mengisi madu aslinya diatas botol atau leher botol sehingga setelah di kocok tercampur dengan madu palsunya.

3. Terakhir untuk mengetahui madu Asli Murni atau palsu bisa di bawa ke laboratorium tentunya membutuhkan banyak biaya.

Jadi hanya dengan memahami jenis kelanceng kita tahu jenis madu yang dihasilkan lalu menganalisa dari nasab madunya baru kita bisa menyimpulkan Madu Kelanceng Asli Murni.

Percayakan Kami Memilih Madu Kelanceng Asli Murni Nasab Lebah Baik dipanen oleh ahlinya.

Sumber tulisan Madu Klanceng berdasarkan pengalaman kami bertahun-tahun pelihara Kelanceng, berburu/mbolang, jual beli madu/koloni  dan lain sebagainya.