Madu Putih Lebah Klanceng

Kami awali perbincangan mengenai salah satu jenis koloni yang beliau pelihara"katanya, saya masih pemula punya 80 koloni itama".

Nada perkataan melalui pesan WA itu terasa sangat santun dengan diawali rendah hati masih pemula padahal bagi kami koloni sebanyak itu saat ini belum bisa saya miliki apalagi dari koloni trigona/klanceng jenis itama yang terkenal sangat baik dalam produksi madu selama vegetasi bunga mendukung apalagi setiap satu koloni mempunyai nilar harga beli yang mahal kurang lebih Satu Juta Lima Ratus sampai Dua Juta bisa dimilikinya karena di datangkan dari luar pulau jawa.

Beberapa hari lalu kami jumpai postingan facebook beliau satu wadah botol dipenuhi madu warna putih yang bersanding bersama dengan alat penyedot madunya dan kami mencoba memberanikan diri untuk menanyakanya karena rasa penasaran kami terhadap madu putih yang jelas sangat berdeda dengan kebanyakan madu klanceng yang kami miliki ada di samping lemari es dan beberapa lagi saya tempat di kamar dan di almari bupet yang siap dijemput pelanggan setia Madu Klanceng Jember.

Kang Mas Niku Madu Saget Putih?
"Kang Mas Kenapa Madu itu bisa berwarna putih?

Kita ketahui lebah Trigona atau Klanceng menghasilkan madu terbaik dari jenis labah lainya, hampir semua orang penikmat madu sudah paham kalau lebah trigo menghasilkan Nektar/madu, Beepollen, Propolis sehingga sangat banyak mengandung multi vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Oh.. Madu yang itu jarang-jarang lebah memproduksinya karena sesuai dengan musim bunga yang ada kebetulan saat itu dominan bunga karet tetapi tidak bisa dipastikan tiap musim bunga itu lebah menghasilkan madu putih karena pada bulan-bulan sebelumbya meski musim bunga tersebut lebah Trigona juga tidak menghasilkan madu warna putih. 

Alhamdululah Madu Putih ini Rizqi yang telah Allah berikan melalului makhluknya untuk kami.


Alhamdulilah ... Kang Mas terimakasih atas berbagi ilmunya.