Cara Memindahkan Lebah Klanceng Sangat Mudah Sekali

PINDAH RUMAH LEBAH KLANCENG


Madu Klanceng - Percayakan Kami Memilih Madu Klanceng Asli Murni Nasab Lebah Jelas/Baik Dipanen Oleh Ahlinya.

Kenapa koloni klanceng harus dipindahkan ke kotak budidaya?

Banyak manfaat yang kita peroleh ketika memindah koloni dari tempat asal ke tempat budidaya:
  • Koloni lebih mudah dikontrol dari hama maupun menentukan masa panen madu, pemanenan tidak bisa kita tentukan menggunakan hitungan hari atau bulan karena klanceng tergantung dengan kondisi alam artinya ketrsediaan nektar, beepolen dan propolis yang terkandung pada bunga, pohon dan ketiak daun.
  • Koloni bisa kita tempatkan sesuai yang kita inginkan tapi penempatan harus sesuai dengan karekter kelanceng ,misal ditempatkan tidak langsung terkena sinar matahari dan tidak di letakkan pada lokasi yang sangat lembab karena akan memicu tumbuhnya jamur pada kotak.

  • Sesekali kontrol kotak jangan sampai berjamur karena jamur akan menyerang telur, nektar n propolis sehingga lebah tidak betah atau bisa-bisa lebah mati keracunan jamur "pengalaman pribadi pernah beberapa koloni musnah karena kotak banyak jamur.

Bagaimana cara memindahkan koloni klanceng dengan mudah dan koloni betah/krasaan di kotak budidaya?

  1. Pertama buka koloni dari tempat asalnya untuk tekhnik pemecahan dilakuakan dari belakang lubang pintu masuk klanceng, misal dalam bambu  panjang ruas kurang lebih 20-30 CM pastikan membuka atau membelah dari ujung belakang bambu dari arah pintu masuk, kalau pemecahan dari pintu di khawatirkan madu tumpah terus meluber tekena koloni dan takutnya lagi si ratu yang kena bisa mati harapan kecil untuk koloni bisa berkembang.
  2. setelah terbuka cari dengan teliti si Ratu dengan hati-hati biasanya berada pada telur muda warna coklat tua. kemudian ambil ratu bersamaan dengan terul agar tidak kepencet lalu telur dan ratu pindah ke tempat yang telah disediakan, pindahkan semua telur sampai bersih.
  3. Ambil beepolen/serbuksari bunga yang terbungkus propolis lalu pindahkan di wadah budidaya tepatnya dlsesekat mungkin dengan lubang masuk klanceng, ambil semua sampai bersih.
  4. Propolis atau getah pertama ambil getah yang nempel di bagian dalam atau luar lubang tempat keluar masuk klanceng dan pindah tempelkan di tempat kotak budidaya pas lubang masuknya agar lebah mengenali tempat barunya, ambil semua propolis tempelkan di kotak baru bagian dalam terdekan lubang masuk klanceng.
  5. Madu jangan sampai di ikut pindahkan karena koloni baru dipindah masih sibuk beradaptasi dengan tempat baru, masih bersih-bersih, membuat benteng pertahanan dan lainnya. Biasanya kalau madu ikut dipindah akan mudah memicu timbulnya jamur pada wadah budidaya atau memancing semut.
6. Madu kita ambil untuk kita konsumsi bisa menambah kesehatan.
Bagaimana sangat mudah sekali cara memindahkan koloni klanceng dari tempat asal ke wadah atau kotak budidaya.

Percayakan kami memilih madu klanceng asli murni nasab lebah jelas baik dipanen oleh ahlinya.


Mudah dan cepat memindahkan klanceng dari sarang aslinya.